Blog Pribadi Tempat Sharing Ilmu Komputer dan Jaringan

Thursday, February 2, 2017

Tips Sebelum Membeli Komputer atau Laptop

Selamat datang di zonatkj.net, untuk postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tips jika anda ingin membeli laptop atau komputer.
Komputer dan laptop bisa menjadi perangkat kebutuhuan utama bagi seseorang, tergantung pekerjaan orang tersebut, jika orang bekerja sebagai pegawai kantoran, guru, tentunya komputer dan laptop harus ada untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Apalagi seorang pelajar, laptop dan komputer bisa digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas makalah. Komputer dan laptop juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan rasa bosan, dan jenuh, karena komputer dan laptop bisa digunakan untuk bermain game. Banyak orang yang bilang bahwa lebih memilih komputer dibanding laptop, ada juga yang lebih memilih laptop daripada komputer, semua tergantung persepsi masing-masing
Komputer memiliki beberapa perbedaan dengan laptop, berikut perbedaan komputer dengan laptop
  • Komputer tidak bisa dibawa kemana-mana, sedangkan laptop bisa karena ukurannya yang lebih kecil
  • Komputer membutuhkan tenaga listrik dari sumber (PSU), sedangkan laptop tidak, karena di laptop terdapat battery.
  • Perangkat ouput dan input pada laptop menjadi satu bagian, touchpad, keyboard, sound. Perangkat ouput dan input komputer terpisah, seperti mouse, keyboard, sound dan monitor
  • Laptop bisa menangkap sinyal wi-fi, sedangkan komputer tidak bisa. Sebenarnya pada komputer bisa menangkap sinyal wi-fi, namun harus dipasang wlan card dulu atau wireless usb adapter.


Jika anda ingin membeli laptop atau komputer, jangan asal beli , pada akhirnya anda akan menyesal, perhatikan beberapa faktor sebelum anda membeli komputer atau laptip, berikut

Tips Sebelum Membeli Komputer atau Laptop

1. Kebutuhan Pengguna

Jika anda seorang pelajar SMA, dan keperluan anda hanya mengerjakan tugas dan browsing saja, beli laptop atau komputer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Laptop atau komputer yang hanya digunakan untuk kegiatan pengetikan dan browsing, harganya bisa lebih murah, karena membutuhkan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Namun jika anda seorang siswa smk, atau mahasiswa desain, dan kebutuhan anda untuk editing foto dan video, tentunya anda harus membeli laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Jika anda orang yang suka game, belilah komputer atau laptop yang khusus untuk bermain game, biasanya laptop / komputer gaming memiliki harga yang cukup tinggi.

2. Jangan Terpaku pada Merek

Merk memang sangat diunggulkan dipasaran, misalnya laptop merk samsung lebih terkenal daripada laptop merk asus, dan anda langsung membeli laptop merk samsung. Banyak yang bilang, merk yang terkenal juga akan mempengaruhi pemikiran orang tentang produk tersebut. Jika laptop merk samsung labih terkenal, namun spesifikasinya lebih rendah dari laptop asus, apakah anda masih ingin membelinya ? 

3. Perhatikan Keaslian Komponen Laptop / Komputer

Keaslian komponen merupakan hal yang mutlak harus anda perhatikan, jangan sekali-kali membeli produk yang palsu, produk yang palsu akan memiliki performa yang lebih rendah dari yang asli. Jangan membeli laptop atau komputer di blackmarket(pasar gelap), karena jika perangkat anda rusak, tidak ada garansi yang akan menolong anda. Sedikit tips, belilah laptop dengan keaslian komponennya di toko-toko komputer yang sudah terpercaya dan memiliki izin jual.

4. Sesuaikan Dengan Dana Yang Ada

Jika anda memang ingin membeli laptop yang spesifikasi tinggi, namun anda tidak memiliki cukup dana, tentunya akan menjadi kendala bagi anda. Anda harus bisa menyesuaikan dana anda sebelum ingin membeli laptop atau komputer, banyak merk laptop yang memiliki harga rendah, namun dengan spesifkasi yang lumayan, atau anda bisa juga membeli laptop atau komputer bekas di forum jual beli. Namun, jika anda ingin membeli komputer atau laptop bekas, pastikan penjual adalah orang yang bisa dipercayai, jadi jika komputer dan laptop tiba-tiba mengalami kendala, anda bisa melakukan komplain dan meminta ganti rugi.

5. Perhatikan Spesifikasi

Setiap perangkat komputer pasti memilki spesifikasi, mulai dari nama perngkat, type, no produksi. Dengan mengetahui spesifikasi perangkat tersebut, anda tidak akan mudah ditipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Jika laptop memiliki harga yang cukup tinggi, spesifikasinya pun juga pasti unggul. Untuk melihat spesifikasinya, anda bisa melihat Cara Melihat Spesifikasi Laptop / Komputer di Windows Xp/7/8/10

6. Beli di Toko Komputer Yang Terpercaya

Jika anda ingin membeli laptop, belilah di toko yang sudah memiliki nama di pasaran, dan toko terpercaya yang sudah memiliki banyak pelanggan. Carilah toko yang memiliki izin jual terhadapat produk laptop yang ingin anda beli. Tidak terkecuali jika anda ingin membeli laptop atau komputer bekas, banyak toko toko yang sudah memiliki nama di pasaran juga menjual laptop atau komputer bekas dengan harga yang rendah. Pastikan toko yang anda kunjungi memberikan garansi terhadapat pruduknya, jadi jika terdapat kerusakan pada laptop, anda bisa mengembalikannya dan mendapatkan kompensasi. Namun, jika anda ingin membeli komputer atau laptop di website jual beli online, saya akan memberikan sedikit tips membeli barang di website jual beli online
  • Pastikan website toko online sudah memiliki nama di pasaran (sudah banyak dikenal) 
  • Pastikan penjual yang anda pilih memiliki feedback baik dari para pembelinya 
  • Perhatikan rekomendai penjual dari website tersebut, biasanya ditandai dengan jumlah bintang 
  • Pastikan pengemasan produk aman, pengemasan produk yang berupa laptop atau komputer harus aman, agar saat proses pengiriman, produk tidak mengalai kerusakan. 
  • Mintalah bantuan keteman anda yang sudah pernah melakukan transaksi online, jika anda masih bingun dalam bertransaksi online, mintalah bantuan ke teman anda yang sudah pernah, seperti melakukan pengeriman uang lewat e-banking atau teller. 
  • Cari website terpercaya yang memberikan promo. Di website-website toko online yang terkenal biasanya kerap memberikan promo atau diskon terhadap produk tertentu, itu akan meringankan anda. 

7. Perhatikan Kesehatan / Keadaan Perangkat

Penting jika anda ingin membeli laptop atau komputer untuk memperhatikan kesehatan perangkat. Jika laptop dalam keadaan yang rusak, namun dijual dengan harga seperti masih baru, jangan membeli laptop tersebut. Apalagi jika penjual mengatakan kalau laptop tersebut masih baru, dan ternyata laptop sudah rusak. Jadilah pembeli yang cerdas dalam memilih produk, jika anda salah dalam membeli produk tersebut, yang lebih dirugikan adalah anda.

8. Perhatikan Garansi Pruduk

Garansi terhadapat produk adalah hal yang penting dan harus anda perhatikan sebelum membeli laptop dan komputer. Pastikan toko komputer tersebut memberikan informasi garansi yang jelas, seperti, kartu garansi, tanggal maksimal pengembalian dan juga syarat mengajukan garansi. Umumnya, jika anda membeli laptop atau komputer yang baru, garansi yang diberikan akan lebih lama dibanding dengan anda membeli komputer yang bekas.

9. Keefektifan Kerja

Jika anda seorang mahasiswa yang mengandalkan jaringan wi-fi untuk mengerjakan tugas, saya sarankan anda untuk lebih memilih laptop dibanding komputer, karena laptop lebih mudah dibawa. Jika anda seorang pekerja desain grafis, lebih baik untuk memilih komputer, karena komputer bisa gunakan lebih lama daripada laptop

10. Tips Tambahan

Jika anda memiliki tips lain,bisa anda tuliskan di kolom komentar di bawah. Komputer dan laptop merupakan perangkat yang berguna untuk mepermudah pekerjaan anda, jadilah pembeli yang cerdas dan tidak mudah ditipu. Itu saja sedikit informasi dari saya tentang Tips Sebelum membeli laptop atau komputer, saya harap dapat menambah sedikit informasi untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Sebelum Membeli Komputer atau Laptop

0 comments:

Post a Comment