Blog Pribadi Tempat Sharing Ilmu Komputer dan Jaringan

Friday, August 5, 2016

Pengertian, Fungsi dan Komponen Motherboard Lengkap

Pengertian, Fungsi dan Komponen Motherboard Lengkap -  Motherboard (Mobo) atau Mainboard yang dalam bahasa Indonesia berarti papan induk/papan utama. Motherboard adalah rangkaian papan PCB (Printed Circuit Board) dengan komponen-komponen elektronika, chip controller  yang digunakan sebagai pengatur lalu lintas data pada sistem komputer.

Pada sebuah motherboard selain terdapat komponen-komponen elektronika juga terdapat slot dan port tempat menghubungkan/memasang hardware komputer lainnya. Motherboard juga bisa disebut sebagai tubuh komputer yang menghubungkan semua hardware komputer menjadi sebuah sistem komputer yang saling terhubung.

Aliran data pada komputer juga diatur oleh motherboard, yang mana aliran data dari satu hardware ke hardware lainnya melewati motherboard. Karena semua hardware komputer terhubung dengan motherboard, maka motherboard ini adalah perangkat yang wajib ada pada komputer. Sama halnya seperti kerangka pada tubuh manusia. Motherboard menghubungkan memory storage (tempat penyimpanan), card, processor, drive dan perangkat hardware lainnya.

Pada motherboard terdapat sebuah ROM (Read Only Memory) yang didalamnya terdapat software yang dikenal dengan BIOS (Basic Input Output System). ROM juga biasa kita sebut sebagai chip. BIOS adalah software untuk hardware, artinya BIOS yang terdapat pada ROM ini berfungsi untuk mengkonfigurasi dan mengatur semua hardware yang terhubung pada sistem komputer.

Jika sobat membaca dengan teliti bacaan diatas sobat tentunya sudah tau  pengertian dan fungsi motherboad. Sekarang kita akan belajar tentang komponen-komponen atau bagian-bagian pada motherboard.

Komponen-komponen Pada Motherboard


1. CPU Socket
CPU Socket

CPU Socket atau sering di sebut Socket Processor adalah socket tempat di mana processor di pasang. Setiap mobo mempunyai socket prosesor yang berbeda-beda, teragantung jenis prosesor apa yang digunakan.

Gambar di bawah ini merupakan daftar socket pada prosesor intel, untuk keterangan lebih lanjut saya akan membahasnya pada postingan selanjutnya.


2. DRAM Slot Memory
Slot Memory (RAM)
DRAM Slot Memory atau lebih mudahnya Slot RAM adalah slot yang digunakan untuk memasang RAM (Random Acces Memory) pada motherboard.  Slot RAM juga memiliki jenis yang berbeda sesuai jenis RAM yang dipakai.

3. 20-pin ATX Power Connector / Port Power
20pin ATX Power Connector24pin ATX Power Connector
20-pin ATX Power Connector berfungsi untuk menghubungkan konektor power dari power supply dengan motherboard. Perlu sobat ketahui untuk mobo saat ini banyak yang menggunakan 24-pin, tambahan 4 pin tersebut untuk membantu kinerja dari prosesor. 

4. Fan Header
Fan Header
Fan Header berfungsi untuk memberikan daya pada kipas yang terpasang pada heatsink processor dan sebagai penyedia tegangan untuk kipas processor.

5.  Port Serial ATA (SATA)
Serial ATA (SATA) berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti harddisk atau CD-ROM jenis SATA.

6. Port IDE (Integrated Drive Electronics)
Port IDE dan IDE kabel
IDE (Integrated Drive Electronics) berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti harddisk atau CD-ROM jenis IDE.

7. USB Header
USB Header
USB Header berfungsi untuk menghubungkan Front USB dengan Motherboard

8. Southbridge
Southbridge adalah komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara processor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.

9. Northbridge (With Cooler)
Northbridge
Northbridge adlah komponen pembantu Northbridge

10. Slot PCI x1 / PCIe x1 / PCI x16

PCI x1 PCIe x1 PCI x16
10a. PCI Express x16 : Berfungsi untuk menempatka/memasang kartu grafik atau VGA Card agar dapat menghasilkan output yang berkualitas ke layar monitor.
10b. PCI x1 : Berfungsi untuk menempatkan/memasang aksesoris seperti adapter nirkabel, TV tunner dan sebagainya.
10c. Slot PCI : Berfungsi untuk memasang berbagai kartu plug-in, dapat dipasang beberapa kartu ekspansi seperti modem, kartu jaringan dan lain-lain.

11. Slot AGP (Accelerated Graphics Port)
AGP
AGP berfungsi menempatkan kartu grafik/VGA Card yang berjenis AGP.

12. BIOS
BIOS
BIOS adalah memori permanen tempat tersimpannya data seperti tanggal serta pengaturan dari komponen komputer.

13. Battery CMOS
Battery CMOS

CMOS Berfungsi untuk memyimpan memori dari chip CMOS yang berisi tanggal, waktu, jenis perangkat keras dan pengaturan lainnya khusus untuk komputer.

Back Panel Motherboard

Back Panel Motherboard

Back Panel adalah Kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer.

  • Port PS/2 Mouse : Berfungsi untuk menghubungkan mouse dengan komputer/PC.
  • Port PS/2 Keyboard : Berfungsi untuk memasang keyboard.
  • Port Paralel : Berfungsi untuk memasang perifelar kecepatan rendah dengan lebar data 8 bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
  • Port Serial : Berfungsi untuk memasang perifelar kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun sekarang jarang digunakan
  • Port RJ45 : Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
  • Port USB : Berfungsi untuk antarmuka dengan perifelar atau peralatan eksternal generasi baru menggantikan port paralel dan port serial.
  • Port Audio : Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

Front Panel Motherboard

Front Panel Motherboard

Front Panel Motherboard
Pada mobo juga terdapat port front panel yang tersambung ke tombol power, restart, usb, dan lain-lain yang terdapat didepan casing CPU seperti pada gambar diatas.

Itulah Pengertian, Fungsi dan Komponen Motherboard Lengkap semoga bermanfaat, dan apabila ada hal yang keliru mohon untuk koreksi.

Sekian dan Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Fungsi dan Komponen Motherboard Lengkap

0 comments:

Post a Comment