Blog Pribadi Tempat Sharing Ilmu Komputer dan Jaringan

Saturday, January 7, 2017

Materi Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menghadapi UKK TKJ 2017

Uji Kompetensi Keahlian sudah semakin dekat, tentunya siswa sekolah menengah kejuruan harus mempersiapkan materi apa saja yang harus dipersiapkan, jadi untuk kali ini saya akan memberikan beberapa materi yang harus anda pelajari untuk materi ukk teknik komputer jaringan 2017. Untuk uji kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan, pastinya seputar server linux, hardware, jaringan, bahkan mikrotik.

UKK tidak bisa dianggap remeh, karena dalam ujian ini, kita akan tahu nilai kompetensi kita selama menempuh pembelajaran kejuruan. Sebenarnya kisi kisi sudah tersedia di website resmi psmk kemendikbud, anda tinggal download saja, dengan mepelajari kisi-kisi dengan cermat, tentu anda tidak akan kesulitan dan akan lebih siap menghadapai ukk.

Dalam postingan ini saya berharap dapat memberikan gambaran kepada anda, dan mempermudah proses belajar anda. Berikut adalah materi yang harus anda pelajari sebelum melaksanakan ujian praktik teknik komputer jaringan. Dalam materi yang saya berikan dibawah adalah berupa garis besarnya, untuk itu anda juga harus mempelajari kisi-kisi yang sudah diberikan. Ujian yang diberikan bisa berupa ujian teori dan ujian praktek, namun dalam pengalaman admin, hanya ujian praktik yang diujikan. Berikut Materi Praktek Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Materi Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menghadapi UKK TKJ 2017

Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Sekolah Menengah Kejuruan 2017


1. Memahami Perangkat/Hardware Komputer

Ini adalah hal mutlak yang harus anda pahami terlebih dahulu, pada dasarnya siswa tkj harus memahami perangkat komputer, seperti motherboard, ram, cpu, harddisk, dan lain lain. Dengan memahami setiap perangkat komputer, akan memudahkan kita melakukan troubleshooting.

2. Instalasi Sistem Operasi

Melakukan instalasi sistem operasi adalah hal yang sudah biasa dilakukan, namun apakah dengan prosedur yang benar, apakah dalam mempartisi harddisk sudah benar, inilah yang harus anda pahami, terlebih software dasar yang harus anda install setelah install OS, anda bisa melakukan praktik install sistem operasi windows maupun linux

3. TroubleShooting

Troubleshooting adalah kegiatan dimana admin mencari kerusakan atau kesalahan dalam sistem dan berusaha untuk meperbaikinya, troubleshooting bisa dari sisi hardware dan software. Misal terjadi kesalahan dalam melakukan instalasi sistem operasi, anda harus tahu letak kesalahannya dan cara mengatasinya. Kesalahan konfigurasi yang menyebabkan jaringan tidak berjalan dengan baik, anda juga harus bisa meganalisa dan mengatasinya.

4. Instalasi Perangkat Jaringan LAN

Instalasi perangkat jaringan lan, bisa berupa jaringan kabel (membuat kabel utp), atau jaringan nirkabel (menggunakan AccessPoint). Yang harus anda pelajari adalah membuat kabel jaringan dan konfigurasi AccessPoint. Dalam hal ini pelajari juga tentang merancang topologi jaringan.

5. Instalasi Perangkat Jaringan WAN

Instalasi perangkat jaringan WAN (Wide Area Network), perangkat wan yang akan anda konfigurasi, bisa berupa router linux (debian) atau router mikrotik, bisa juga modem. Pelajari dalam instalasi router dari dasar, akan lebih mudah jika ada guru atau teman yang membantu.

6. Membangun Server Basis Linux

Dalam ujian praktik membuat server, sistem operasi yang digunakan adalah linux cli (command line interface), jadi cobalah install sistem operasi linux dengan mode cli, dan bangunlah sebuah server linux, mencakup dns server, web server, database server, proxy server dan layanan server lainnya. Dari pengalaman admin melaksanakan ukk, adalah membuat sebuah web server dengan cms wordpress, database server dan phpmyadmin, dan router linux (debian)

7. Instalasi Jaringan Mikrotik

Mikrotik adalah sebuah router, yang berfungsi sebagai NAT (Network Address Translation), juga menghubungkan 2 jaringan yang berbeda , pelajarilah cara setting mikrotik dasar, apabila anda tidak memiliki RouterBoard, anda bisa menggunakan RouterOS dan menginstalnya di VirtualBox, hal pokok yang harus anda pelajari adalah tentang pembagian ip (subnetting), jaringan WAN dan LAN, serta firewall

Itu adalah gambaran materi yang saya berikan untuk menghadapi UKK TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 2017


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Materi Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menghadapi UKK TKJ 2017

0 comments:

Post a Comment