Blog Pribadi Tempat Sharing Ilmu Komputer dan Jaringan

Sunday, July 31, 2016

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap - Ada yang belum tau komputer itu apa ? jika sobat sedang menggunakan komputer dan tidak tau komputer itu apa, berarti sobat termasuk orang yang beruntung karena sedang membaca artikel ini.

Dalam artikel ini kita akan belajar bersama tentang pengertian dan sejarah komputer, pasti diantara sobat ada yang males ketika disuruh belajar sejarah termasuk saya sebenarnya. Tapi sobat harus ingat ya "Anak komputer yang hebat adalah anak komputer yang tidak melupakan sejarah komputer".

Kita mulai saja ke materinya mudah-mudahn sobat tidak bosan membaca tulisan ini.




Pengertian Komputer


Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti 'menghitung' dan ada juga yang mengatakan komputer berasal dari bahasa inggris compute yang mempunyai arti sama yaitu 'menghitung'.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata untuk “orang yang menghitung” yang digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada tahun 1897 kata komputer sebagai kata untuk ”alat hitung mekanis”

Pengertian komputer secara luas yaitu "sistem pengolah informasi atau yang mengolah informasi" dan pengertian secara lebih merinci yaitu “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.

Dibawah ini merupakan pengertian dari komputer menurut pendapat dan pandangan para ahli:

Donald H. Sanderes, 1985
Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

Robert H. Blissmer, 1985
Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Larry Long dan Nancy Long
Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Elias M. Awad
Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

William M. Fuori
Fauri berpendapat, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Williams, Sawyer
Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

Itulah pengertian komputer secara etimologis maupun pengertian komputer menurut pendapat dan pandangan para ahli yang memiliki pemahaman hampir sama tentang komputer. Masing-masing pendapat tersebut di sampaikan dalam buku mereka dan di terbitkan pada tahun yang berbeda karena itu pengertiannya pun sesuai dengan perkembangan jaman dimana para ahli tersebut hidup.


Setelah kita paham tentang pengertian komputer, sekarang kita melanjutkan ke Sejarah Perkembangan Komputer.

1. Komputer Generasi Pertama
Pada komputer generasi pertama bernama ENIAC. ENIAC merupakan kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC merupakan komputer pertama yang diciptakan di dunia. Komputer ini memiliki berat kurang lebih 30 ton, panjang 30 meter dan tinggi 2,4 meter. Sedangkan daya listrik yang dibutuhkan komputer ini adalah 174 kilowatt. Pada komputer generasi pertama ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder.


komputer generasi pertama

Bisa sobat bayangkan betapa rumitnya pembuatan komputer generasi pertama ini. Selain memiliki bobot yang berat, komputer ini juga  harus memiliki ruang yang cukup besar untuk menyimpannya.
Dalam perkembangannya, komputer generasi pertama ini memiliki karakter sebagai berikut:
  • Sirkuit menggunakan vacum tube atau tabung hampa udara.
  • Memerlukan daya listrik yang sangat besat.
  • Banyak mengeluarkan panas sehingga butuh alatpendingin (AC) yang banyak.
  • Prosesnya relatif lambat.
  • Ukurannya fisik sangat besar sehingga memerlukan ruangan/tempat yang luas.
  • Proses dan Kapasitas untuk menyimpan data kecil dan sangat terbatas sekali.
  • Program dibuat dalam bahasa mesin.
  • Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  • Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
Contoh Komputer Generasi Pertama:
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara serta mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt.Komputer jenis ini merupakan komputer serbaguna yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan komputer Mark I.

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum, menggunakan sistem nomor binari dan konsep aturcara tersimpan (stored program concept) serta proses penghitungannya lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.

EDSAC COMPUTER (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

UNIVAC 1 Computer Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

2. Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor mempengaruhi pada perkembangan komputer. Dengan penemuan transistor ini menggantikan peran tube vakum pada televisi, radio dan komputer. Sehingga ukuran alat elektronik berkurang drastis.
Penggunaan transistor didalam komputer mulai tahun 1956. Penemuan lain yang berupa memori inti magnetik, membantu pengembangan komputer generasi kedua ini memiliki ukuran lebih kecil, lebih cepat, lebih hemat energi dan lebih dapat diandalkan dibandingkan penedahulunya generasi komputer pertama. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.


Pada komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan bahasa mesin tetapi diganti dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner (angka 0 dan 1).

Pada awal tahun 1960-an, komputer 
generasi kedua mulai bermunculan dan banyak digunakan bidang bisnis, universitas dan pemerintahan. Pada komputer generasi kedua sepenuhnya menggunakan transistor. Adapun komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan data dalam disket, memory, sistem operasi dan program aplikasi. Dalam perkembangannya, komputer generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Sirkuitnya menggunakan transistor sebagai penguat sinyal
  • Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL
  • Kapasitas memori sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
  • Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk
  • Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing
  • Daya listrik yang dibutuhkan lebih sedikit
  • Orientasi tidak hanya aplikasi bisnis tapi  juga pada aplikasi teknik
Contoh komputer generasi  kedua:
IBM 1401
IBM 7090
ILLIAC-11

3. Komputer Generasi Ketiga
Pada generasi sebelumnya, hampir seluruh komputer menggunakan transistor. Penggunaan Transistor memang mampu mengungguli tube vakum, namun penggunaan transistor dapat menghasilkan suhu panas yang cukup besar, sehingga berpotensi merusak bagian-bagian komputer.


Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrumen mengembangkan sirkuit terintegrasi (Integrated Circuit / IC). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah silikon piringan kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pengembangan IC yang terbuat dari pasir kuarsa mampu menangani masalah pada suhu panas.

Para ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasil dari penemuan para ilmuwan tersebut membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan kedalam sebuah chip.

Kemajuan lainnya dari komputer generasi ketiga adalah dalam penggunaan sistem operasi atau operating system. Yaitu memungkinkan mesin bekerja untuk menjalankan program yang berbeda dalam waktu yang bersamaan dengan sebuah program utama yang bertugas memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
  • Komponen Sirkuit menggunakan IC (Integrated Circuits).
  • Peningkatan kemampuan software.
  • Kapasitas memori komputer lebih besar.
  • Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access.
  • Penggunaan daya lebih hemat.
  • Memungkinkan untuk melakukan multi processing.
  • Pengembangan dari alat input dan output dengan menggunakan Visual Display Terminal.
Contoh komputer generasi ketiga :
IBM System/360
DEC PDP -8.

4. Generasi Keempat
Pada tahun 1971, pembuatan Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC. Yaitu mampu meletakan seluruh komponen dari komputer (Central Processing Unit, Memory dan kendali inpu/output) ke dalam sebuah chip yang berukuran kecil yang kemudian disebut mikroprosesor.


Dengan berkembangnya mikroprosesor memungkinkan orang-orang biasa dapat menggunakan komputer. Dengan demikian komputer tidak hanya dimiliki perusahaan besar atau lembaga pemerintahan.



komputer generasi ke 4

Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer memperkenalkan produk mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini dikenal dengan nama mini komputer yang dijual satu paket dengan perangkat lunak yang mudah digunakan oleh orang awam.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan di kantor, sekolah dan rumah. Pada tahun pertamanya, PC telah digunakan 2 juta unit. Sepuluh tahun kemudian angka tersebut melonjak menjadi 65 juta unit. Dalam sejarah perkembangannya, komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada diatas meja (desktop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukan kedalam tas(laptop), bahkan ada komputer yang dapat digenggam (palmtop).


Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Ciri-ciri:

  • Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan Ribuan IC menjadi sebuah chip.
  • Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Contoh komputer generasi keempat:

IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2).
HONEYWELL 700.
BURROGHS 600.
CRAY I.
CYBER.
PC Apple II.
COMMODORE PC.

5. Komputer Generasi Kelima
Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.

Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang. Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).

Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.

Ciri dari komputer generasi kelima adalah :
  • Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
  • Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
  • Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
  • Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
  • Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
  • Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Demikian sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama samapai generasi kelima. Sangat dimungkinkan dimasa yang akan datang akan muncul generasi terbaru dari sejarah perkembangan komputer, hal ini dikarenakan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer dari waktu ke waktu.

Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap

0 comments:

Post a Comment